VOOYA

 

Content Creator Tiktok, Dims the Meat Guy percaya bahwa sekarang adalah ‘golden time’ untuk memperlihatkan kreativitasmu di sosial media. Selain dari demand yang tinggi dan persaingan ketat antara platform, creator dengan 4,4 juta follower juga mengaku terbantu secara finansial setelah kontennya mulai viral. “Setiap bikin video, aku selalu mikir-mikir karena dagingkan mahal. Dulu aku buat konten cuma bareng istri doang, sekarang aku punya 7 orang dalam tim yang bantu produce konten,” ungkap Dimas. Melansir dari wawancaranya di Passion Playground Festival 2021, berikut 5 tips cara jadi content creator yang berkelanjutan di berbagai platform sosial media. 

Keluar dari Zona Nyaman

Persaingan terberat ternyata tidak selalu terjadi dengan orang lain dan justru dengan diri sendiri. “ 2 tahun terakhir ini, banyak sekali creator baru yang cepat naik. Aku sendiri sebenarnya masuk ke dalam kategori itu. Dari bulan februari ke April, aku rekor dapat kurang lebih 2 juta follower baru di Tiktok, ” kisahnya. Daripada merasa sudah terkenal, jumlah follower yang tiba-tiba melonjak justru harus dilihat sebagai sebagai tantangan untuk selalu terlihat fresh. Sekali klik dari penonton bisa dengan mudah menghapus konten kita dari timeline mereka. 

Ketika didatangi oleh penyakit idea block alias kehabisan ide ngonten di awal tahun, Dimas memutuskan untuk mengganti gaya kontennya. Inovasi dalam kerangka keahliannya, membuat follower lama menjadi tidak bosan dan mendatangkan follower dengan sendirinya. Keluar dari zona nyaman juga termasuk dengan spreading your wings ke berbagai platform populer. “Kalau kamu punya tik-tok, jangan malas untuk post juga di reels. Beberapa teman-teman creator buktinya justru baru dapat banyak follower setelah posting di platform lain.”

Bisa Basic Editing

Dimas memilih editing sebagai senjata dasar yang wajib dimiliki semua calon content creator. Alat edit bawaan atau built-in dalam sosial media tentunya sudah cukup untuk membuat video durasi 60 detik dalam sekejap. Namun, aplikasi atau software editing lainlah yang benar-benar membuat kamu menonjol di pasaran.  

Jika kamu baru saja memulai perjalananmu sebagai content creator, pilihlah jalur hemat melalui  aplikasi gratis seperti, Zoomerang, Becut, Lomotif, dan Magisto. Faktanya, trend atau video viral justru sering datang dari fitur yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi ini. 

Stay in Your Niche!

Layaknya produk berwujud, konten hiburan juga memiliki niche atau segmen pasarnya sendiri. Khususnya untuk content creator kecil, tips ini merupakan jurus jitu untuk lebih diingat dan menonjol di antara ribuan ikan di laut. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk memuaskan semua jenis pengguna sosial media dan fokus berbicara dengan mereka yang benar-benar tertarik dengan kontenmu.Jika kamu beruntung, Interaksi dengan kelompok ini justru bisa menjadi sumber inspirasimu ke depan.

Kolaborasi antara Dims the Meat Guy dan Juara 3 MasterChef Indonesia Season 8,  Lord Adi. Sumber: Instagram / @dimsthemeatguy

Rajin Main Sama “Tetangga”

Daripada musuh, content creator lain dalam satu platform harus dilihat sebagai ‘tetangga’ dalam satu komplek.Jangan malu-malu untuk menjadi orang pertama yang reach out dan mengajak untuk kolaborasi. Tanpa mengeluarkan duit sepeserpun, kamu bisa mendapatkan exposure kepada segmen penonton baru yang tidak pernah kamu temui sebelumnya. Seandainya kamu belum memiliki banyak kesempatan kolaborasi, pastikan untuk tidak membakar jembatan atau hubungan baik dengan creator lainnya.

Research dan Planning!

Masih banyak orang yang ingin menjadi content creator namun tidak tahu banyaknya pekerjaan yang terjadi di balik layar. Research termasuk brainstorm hal viral sampai memaksimalkan fitur terbaru yang ditawarkan platform tertentu. Selain itu, Dimas menyarankan untuk selalu membuat kalender dan tabungan konten untuk satu bulan kedepan. Selain mempermudah proses kreatifnya, hal ini juga membantu dirinya untuk menjaga kehadirannya di platform tertentu. “Sekarang saja aku punya 15 konten yang belum aku upload. Karena ini, aku gak perlu khawatir bahkan ketika aku harus stay di rumah sakit saat istriku lahiran.

Punya Passion di dunia Entertainment Sosial Media?

Creator (C) dan Persuader (P) adalah dua kode passion yang melekat pada dimas dan mereka yang berprofesi sebagai content creator di sosial media. Kombinasi kode passion ini menggambarkan minat serta tuntutan profesi seseorang dalam mengekspresikan karya-karya yang orisinal serta berinovasi sebagai bentuk persuasi kepada penontonnya.

Ingin tahu apakah dunia hiburan adalah minat atau passion kamu? Segera ambil tes minat karir dari Vooya dan tonton kisah perjalanan Dims the Meat Guy selengkapnya hanya di Vooya Stories!

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.