VOOYA

Tidak seperti film legally blonde yang bergenre komedi, kuliah hukum merupakan jalur pendidikan yang kompetitif, tidak murah, dan membutuhkan fokus tinggi untuk “bertahan hidup.”Setelah 4 tahun bertarung dengan bacaan pasal yang tampaknya tidak pernah habis, gelar sarjana ini menawarkan banyak jenis pekerjaan dengan spesifikasi tertentu. Memiliki minat dalam memecahkan masalah ( kode passion Thinker), membantu orang lain (kode passion Helpers), meyakinkan lawan bicara (kode passion Persuader) serta bekerja dalam keteraturan ( kode passion Organizer) adalah kunci kesuksesan kebanyakan pekerjaan di bidang ini.  Berikut adalah 3 pekerjaan  yang mungkin kamu tempuh setelah lulus dari sekolah hukum.

Intellectual Property Lawyer (Passion Code: OTP)

Pengacara Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) merupakan sebuah profesi yang secara khusus melindungi atau membela ide klien. Mereka biasanya akan bekerja di sebuah firma hukum, universitas, atau departemen hukum perusahaan. Dalam mata hukum, ide atau aset tidak berwujud sang klien dapat dibagi menjadi berbagai kelompok kekayaan seperti, hak cipta, paten, merek, desain industri, dan rahasia dagang, dan masih banyak lagi. Tugas pengacara HAKI termasuk dalam mendaftarkan kekayaan intelektual (IP Prosecution), mewakili klien dalam kasus pembatalan, penghapusan dan pelanggaran kekayaan kekayaan intelektual (IP Litigation), serta melakukan upaya hukum terhadap pelanggar kekayaan intelektual (Enforcement).

Pengacara HKI dari K&K Advocates, Fajar Budiman Kusumo, menyebutkan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kekayaan intelektual sayangnya masih menjadi tantangan dalam menjalani profesi ini. “Sebagai praktisi, otomatis kita selalu punya tanggung jawab untuk terus menginformasikan tentang apa saja sih jenis-jenis kekayaan intelektual itu ke masyarakat,” jelas Fajar. 

Sumber: Tangkapan Layar Passion Playground Festival 2021

Corporate Lawyer (Passion Code: OTP)

Corporate Lawyer adalah profesi pengacara yang berspesifikasi dalam hukum korporasi. Mereka bertugas untuk menginformasikan klien terkait hak, tanggung jawab, dan tugas mereka di bawah hukum. Ketika seorang pengacara perusahaan dipekerjakan oleh sebuah perusahaan, pengacara tersebut mewakili entitas perusahaan dan bukan perseorangan. 

Karena kasusnya yang kompleks dan beragam seperti merger, akuisisi, kepailitan dan restrukturisasi perusahaan, Analytical thinking merupakan keterampilan nomor satu yang harus dimiliki ketika ingin membangun karir di profesi ini. Corporate Lawyer di ADCO Law,  Praniti Putri Mirza menjelaskan bahwa membaca hukum merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itulah, kualitas pengacara corporate dapat dinilai dari kemampuan berpikir analitis dalam kerangka hukum ketika sedang berada dalam suatu proyek.

Judge (Passion Code: PH)

Profesi hakim secara umum berkaitan erat dengan menerima, memeriksa dan mengadili segala kasus hukum, pidana maupun perdata. Hakim bertindak sebagai pengambil keputusan yang tidak memihak dalam menegakkan keadilan. Ketika tidak berada di ruang sidang, mereka mungkin sedang melakukan penelitian hukum, memeriksa kasus, dan mengawasi staf pengadilan lainnya.

“Ketika awal pertama kali masuk, aku pikir aku akan sidang doang. Tetapi sebenarnya enggak dan banyak banget yang harus dikerjain,” ungkap salah satu Hakim Mahkamah Agung Indonesia, Elizabeth Juliana Hutapea. Meski sudah lebih dari tiga tahun bekerja sebagai hakim, prinsip Ius Curia Novit atau “hakim tahu semua hukum,” adalah tantangan profesi yang sampai saat ini pun masih Ia terus hadapi.

Untuk bisa bekerja dalam kerangka prinsip ini sembari memberikan keputusan adil dalam setiap sidang,  “never stop learning” adalah nilai dasar yang selalu Ia pegang selama perjalanan karirnya. “Mindset ingin cepat selesai agar berhenti belajar itu salah besar. Nyatanya, dunia kerja justru akan lebih menuntut kamu untuk terus belajar” jelasnya.Karena bekerja sebagai hakim adalah passionnya, beban untuk terus menerus belajar terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Ingin tahu apakah hukum adalah minat atau passion kamu? Segera ambil tes minat karir dari Vooya dan tonton cerita lengkap perjalanan karir para praktisi hukum Indonesia di Vooya Stories!

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.