VOOYA

Hai, Passion Seekers! Ada data mengejutkan loh. Ternyata, keterwakilan perempuan di dunia politik di Indonesia belum mencapai 30%. Data ini berasal dari Ibu Femmy Eka Kartika selaku Deputi Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan). Sayang sekali, ya. Padahal partisipasi politik perempuan penting bagi kemajuan bangsa. “Akan baik jika perempuan ikut serta dalam politik dan meraih jabatan strategis. Harapannya, isu-isu perempuan semakin kuat diperjuangkan”, ujar Kak Dyah Roro Esti, Anggota Komisi VII DPR RI.

Kak Roro memiliki passion dalam membantu masyarakat secara lebih masif melalui kebijakan politik. Ia senang bekerjasama, bersosialisasi, dan menggerakkan masyarakat untuk bertindak menuju perubahan yang baik. Passion yang dimiliki Kak Roro membuatnya merasa terpanggil untuk berkontribusi bagi masyarakat negeri. Passion itu juga yang membuatnya memberanikan diri untuk bekerja di ranah politik. 

Selanjutnya ada cerita dari Kak Cania Citta, seorang Head of Content at Geolive. Kak Cania terpacu untuk terjun di dunia konten dan politik karena ingin memetakan kepentingan yang sama. Ia ingin berkreasi sekaligus bersuara mengenai politik Indonesia. Melalui media sosial, ia mengedukasi masyarakat agar tidak hanya tergiring opini, tapi juga aktif dalam menilai perubahan sosial maupun kebijakan nasional. Tentunya, ini merupakan tantangan karena tidak semua orang paham secara kontekstual.

Tantangan juga dirasakan oleh Kak Roro. Duduk di kursi parlemen membuatnya dikritik publik. Itu sebabnya, mengedukasi dan memiliki skill adalah hal yang penting. Nah, teruntuk Passion Seekers yang ingin berkecimpung di dunia politik, pasti penasaran gimana kelanjutan dan skill set apa aja yang dibutuhkan. Yuk, kupas tuntas di video Vooya Stories disini.

 

Untuk kamu yang ingin tahu kecocokanmu di dunia politik cari tahu kode passion-mu, ambil tes minat Vooya Lab. Anggota DPR memiliki kode passion PH (The Persuaders & The Helpers) ini cocok untuk kamu yang tertarik terjun ke dunia politik, ingin menggunakan kemampuanmu terutama komunikasi dalam membawa perubahan secara lebih masif lewat kebijakan politik (The Persuaders) agar bisa membantu masyarakat (The Helpers). Sedangkan untuk kamu yang tertarik ke dunia politik tapi ingin menggunakan kreativitas dan ekspresi diri (The Creators) untuk membawa perubahan dan pengaruh bisa mempertimbangkan profesi Content Creator dengan kode passion CH (The Creators dan The Persuaders).


Kamu juga bisa cari tau tentang jurusan, profesi, dan industri lainnya di Vooya Stories. Kunjungi Vooya Stories dan daftarkan dirimu sekarang juga!

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.