VOOYA

Halo Passion Seekers!  

Kali ini Vooya Stories akan bahas jurusan di bidang Language & Philosophy bareng Dian Agustin, Putu Dantyapasis, dan Bagas Maulana. Dengan kode passion The Creator (C) jurusan ini cocok banget buat kamu yang suka mengekspresikan diri lewat karya kreatif di lingkungan yang fleksibel. Penasaran dengan kode passionmu? Yuk cari tau kode passionmu dan jurusan yang cocok dengan mengambil Passion Assessment di Vooya Lab.

Ketika berkuliah di jurusan sastra dan bahasa, kamu tidak hanya belajar untuk bisa menguasai bahasa tersebut saja. Tetapi kamu juga akan mempelajari banyak hal lainnya. Bagas Maulana, mahasiswa Sastra dan Bahasa Rusia di Universitas Padjajaran menerangkan bahwa ia juga mempelajari sejarah dan budaya Rusia! Menurut Bagas, bahasa Rusia adalah salah satu bahasa unik karena memiliki 32 huruf yang berbeda dari huruf abjad pada umumnya. Kecintaannya akan mempelajari budaya dan bahasa Rusia membawa Kak Bagas untuk turut aktif dalam kegiatan jurusannya. 

Bagas menceritakan tentang kecintaannya akan mempelajari bahasa Rusia.


Di jurusan sastra dan bahasa juga terdapat pilihan peminatan jurusan yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Linguistik. Dian Agustin sendiri mengambil peminatan Linguistik saat berkuliah di Universitas Airlangga. Menurut Kak Dian, Linguistik adalah ‘ibu’ dari ilmu bahasa karena di jurusan ini kamu akan mempelajari asal dari bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Kamu juga akan mempelajari perkembangan bahasa manusia, bagaimana seorang bayi yang sebelumnya hanya bisa mengucapkan kata-kata yang terbatas hingga akhirnya ia bisa lancar berbicara. Dengan belajar di jurusan Linguistik akan mengasah ketajamanmu dalam memahami suatu teks kompleks dan skills analisis. 

Keseruan Dian dalam mengikuti konferensi di luar negeri bersama teman-temannya selama menempuh perkuliahan.


Jika sebelumnya Dian mengatakan bahwa Linguistik adalah ‘ibu’ dari ilmu bahasa, Dantya, mahasiswi jurusan ilmu Filosofi di Universitas Gadjah Mada berpendapat bahwa filsafat adalah ‘ibu’ dari segala ilmu pengetahuan yang ada di dunia. Di jurusan ini kamu akan mempelajari hal-hal unik yang belum pernah kamu sebelumnya, seperti ilmu logika, metafisika, aksiologi, dan epistemologi. "Mata kuliah di filsafat tuh semua nya unik dan baru, aku belum pernah nemuin pelajaran serupa di SMA, SMP atau SD," ujar Kak Dian.

Bagi Dantya sendiri, salah satu hal paling bermanfaat yang didapatkan setelah mempelajari filsafat adalah cara berpikir dengan pemetaan pikiran yang terstruktur. Dengan skill ini, Dantya dapat lebih mudah untuk mengeksplorasi segala sesuatu dan mempelajari hal-hal baru.

Dantya menjelaskan tentang uniknya mata kuliah di jurusan Filsafat.


Kemudian apakah semua yang ada di jurusan Sastra dan Filsafat akan menjadi Penulis? Ternyata ini hanya mitos loh Passion Seekers! Karir dalam jurusan ini sangat beragam mulai dari bidang edukasi hingga di bidang IT. Saat ini sendiri Dian bekerja di bidang Edukasi, Dantya bekerja sebagai Social Media Specialist dan Bagas yang sedang internship di salah satu perusahaan consulting ternama di Jakarta. 

Dian, Dantya, dan Bagas masih punya cerita lainnya tentang tantangan, persiapan, hingga tips & trik untuk masuk jurusan Language & Philosophy. Pssst Bagas akan menyampaikan pesan buat Passion Seekers dalam Bahasa Rusia loh! Buat tau kelanjutan kisahnya yuk tonton video selengkapnya disini.

Kamu juga bisa cari tau tentang jurusan, profesi, dan industri lainnya di Vooya Stories. Kunjungi Vooya Stories dan daftarkan dirimu sekarang juga!

SHARE

Login

Forgot Password? New Customer? Register here.